JANGAN SIA-SIAKAN WAKTUMU UNTUK YANG TIDAK BERMANFAAT KAWAN !!!

Breaking News

Selamat Datang di Blog Tutorial SINO😘 Pemilik Blog Ini Atas Nama Teguh Kurniawan, S.Pd 😊 Semoga Semua Postingan Di Blog Ini Bisa Bermanfaat Untuk Kalian Semua...❤

Sunday, March 17, 2024

Topik 3 - Aksi Nyata Mata Kuliah Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia (PPG Prajabatan)


Nama              : Teguh Kurniawan

NIM                : 2330111710353

Mata Kuliah  : Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

Bidang Studi  : Pendidikan IPA (PPG Prajabatan Gel. 1 Tahun 2023)

LPTK             : Universitas Lambung Mangkurat (ULM)


 

TOPIK 3 - AKSI NYATA

"PERSPEKTIF SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI, DAN POLITIK DALAM PEMBELAJARAN"

Pada bagian "Mulai Dari Diri" ini saya diminta untuk menonton video tentang pendidikan disuatu desa yang disebut dengan bumi petani, disini saya diminta untuk mengingat kembali dan membandingkan pendidikan yang pernah saya alami dahulu dengan video tersebut serta saya diminta untuk menjawab dua buah pertanyaan refleksi sebelum memulai topik ini. Yang saya pikirkan sebelum memulai proses pembelajaran adalah sebagai seorang colon guru penting untuk saya memahami materi pada topik ini yaitu mengenai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang dapat digunakan untuk merangcang proses pembelajaran yang memperhatikan latar belakang sosiokultural peserta didik.

Pada bagian "Eksplorasi Konsep" ini, setelah membaca dan mempelajari materi yang diberikan saya diminta untuk memberikan pandangan saya tentang perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan di Indonesia dan diminta untuk mengungkapkan bagaimana perasaan saya jika ditugaskan mengajar dengan memahami Perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran pada peserta didik.

Pada bagian "Ruang Kolaborasi" ini saya bekerja sama dengan rekan-rekan saya secara berkelompok untuk dapat menyelesaikan sebuah tugas yang terdiri dari 4 pertanyaan. Dimana masing-masing anggota kelompok saling mengungkapkan pandangannya tentang perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran yang mempengaruhi proses pendidikan serta mengenai kesiapannya untuk mengajar dengan memperhatikan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran.

Pada bagian "Demonstrasi Kontekstual" ini kegiatannya adalah salah satu kelompok diminta untuk mepresentasikan hasil diskusinya pada bagian ruang kolaborasi dan kelompok lain memberikan tanggapan serta pertanyaan terkait perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran. Hal ini berguna untuk menambah wawasan dan sudut pandang saya sebagai calon guru terkait pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang menerapkan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran dari berbagai referensi dan praktek yang ada serta seberapa pentingnya mempertimbangkan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik ini dalam pembelajaran.

Pada bagian "Elaborasi Pemahaman" sejauh ini hal yang sudah saya pahami tentang topik ini adalah bahwa pperspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik yang dimiliki oleh peserta didik sangat mempengaruhi keberlangsungan proses pembelajaran di kelas. Hal baru yang saya pelajari dari topik ini adalah dengan memahami karakteristik dan latar belakang sosiokultural peserta didik, dapat memudahkan pendidik dalam menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang dapat digunakan untuk merangcang proses pembelajaran yang memperhatikan latar belakang sosiokultural peserta didik. Dimana pada sebelumnya saya hanya merancang rencana pembelajaran hanya berdasarkan karakteristik peserta didik berdasarkan gaya belajar ataupun kesiapan belajar mereka saja. Selanjutnya saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana cara menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang tepat agar sesuai dengan latar belakang sosiokultural peserta didik.

Pada bagian "Koneksi Antar Materi" ini, saya mengetahui bahwa mata kuliah prespektif sosiokultural ini terhubung/terkoneksi dengan mata kuliah lain pada program PPG Prajabatan ini seperti mata kuliah Filosofi Pendidikan Indonesia, Pembelajaran Berdiferensiasi, Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya, Prinsip Pengajaran dan Asesmen 1 dan mata kuliah Proyek Kepemimpinan dengan tujuan agar dapat merancang dan menciptakan suatu pembelajaran yang relevan, efektif dan berorientasi pada kebutuhan belajar peserta didik serta dapat menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang tepat dengan memperhatikan dan mempertimbangkan latar belakang sosiokultural peserta didik.

Pada bagian "Aksi Nyata" ini, saya melakukan refleksi pemahaman saya selama mempelajari topik ini dan manfaat yang dapat saya ambil dari mempelajari topik ini adalah saya menjadi lebih memahami terkait penerapan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran di kelas untuk dapat membantu saya dalam menentukan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan prespektif sosial, budaya, ekonomi dan politik peserta didik. Selanjutnya saya menilai kesiapan saya saat ini dalam skala 1–10 adalah 8 karena menurut saya tidak mudah untuk dapat memahami karekteristik setiap peserta didik secara mendalam karena dibutuhkan waktu dan pengalaman yang cukup untuk melakukan hal ini. Dan yang harus saya persiapkan lebih lanjut untuk saat ini adalah dengan mengasah pengetahuan dan keterampilan saya dalam menentukan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan prespektif sosial, budaya, ekonomi dan politik peserta didik dalam proses perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di kelas.

No comments:

Post a Comment